Tupoksi

Tugas pokok dan fungsi Pemerintah Kecamatan mengacu pada pasal 14 sampai dengan pasal 22 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan dan Perda Nomor 5 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan.Kedudukan Kecamatan merupakan perangkat daerah Kabupaten sebagai pelaksana teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah kerja tertentu yang dipimpin oleh Camat dan Camat berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

A. Kecamatan ( Camat )

Kedudukan Tugas dan Fungsi

  1. Kecamatan dibentuk dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan Pemerintahan, pelayanan public,  pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan
  2. Kecamatan dipimpin oleh Camat yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah

Kecamatan mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi Daerah di Kecamatan.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 3, kecamatan mempunyai uraian tugas :

  1. Menyelenggarakan urusan pemerintah umum
  2. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat
  3. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaran ketentraman dan ketertiban umum
  4. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum
  5. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang di lakukan oleh perangkat daerah di tingkat kecamatan
  6. Membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan desa dan kelurahan
  7. Melaksanakan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja pemerintah daerah kabupaten  yang ada di kecamatan
  8. Melaksanakan tugas lain yang di perintahkan oleh peraturan perundang-undangan.

B. Sekretariat Kecamatan

  1. Sekretariat kecamatan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada camat
  2. Sekretariat kecamatan dipimpin oleh Sekretariat Camat

 Sekretariat kecamatan mempunyai tugas memberikan pelayanan teknis dan administrasi kepada seluruh unit kerja di lingkungan kecamatan.
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana maksud dalam pasal 8,sekretariat kecamatan mempunyai uraian tugas:

  1. Melakukan penyiapan bahan pembinaan administrasi dan pemberian pelayanan teknis administratif kepada seluruh perangkat kecamatan
  2. Melakukan pembinaan dan enyelenggaraan urusan umum dan kepegawaian meliputi :ketatausaha,kepegawaian,penatausahan aset dan perlengkapan,kerjasama,dan kearsipan
  3. Melakukan pembinaan,penyelenggaraan dan pengordinasian urusan perencanaan dan keuaangan meliputi :rencana trategis,rencana kerja,rencana program dan anggaran,pelaporan perencanaan dan akuntabiltas kinerja,perbendaharaan,akuntansi,perivikasi,dan tidak lanjut laporan hasil pemreriksa (LHP )
  4. Melakukan penyiapan,evaluasi,dan perumusan bahan dan data penyelenggaraan tugas umum kecamatan pembangunan dan pembinaan masyarakat dan

Sekretaris Kecamatan dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh 2 Kepala Sub Bagian yang bertanggung jawab kepada Sekretaris Kecamatan yaitu;

1. Subbagian Umum dan Kepegawaian

  1. Subbagian umum dan kepegawaian berada di bawah dan bertanggung jawab kepada sekretaris camat
  2. Subbagian umum dan kepegawaian di pinpim oleh kepala subbagian

Pasal 11:

  1. Subbagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan urusan kepegawaian,ketatausahaan,piñata usahaan aset,kerjasama dan ketatalaksanaan
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagimana di maksud pada ayat (1), subagian umum dan kepegawaian mempunyai uraian tugas pekerjaan:
  3. Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan lingkup umum dan kepegawaian
  4. Melakukan penyiapan bahan petunjuk teknis lingkup administrasi kepegawaian yang meliputi kegiatan penyiapan bahan penyusunan rencana mutasi,promosi,kepangkatan,cuti,di siplin,pengembangan kepegawaian dan kesejahteraan pegawai
  5. Melakukan penyiapan bahan petunjuk teknis pengelolaan ke tatausahaan yang meliputi pengelolaan administrasi surat menyurat,tata naskah dinas,dan penataan ke arsipan
  6. Melakukan pengelolaan dan penyusunan laporan administrasi kepegawaian,ketatausahaan,peraturan perundang-undangan,tata laksana,dan hubungan masyarakat
  7. Melakukan pemeliharaan dan pengelola aset,dan penyusunan laporan aset kecamatan
  8. Melakukan penyiapan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai lingkup tugas dan
  9. Melakukan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugasnya.

2. Subbagian Perencanaan dan keuangan

  1. Subbagian pelaksanaan dan keuangan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada sekretaris camat.
  2. Subbagian perencanaan dan keuangan di pimpin oleh kepala subbagian.

Pasal 13:

  1. Subbagian perencanaan dan keuangan mempunyai tugas melaksanakan urusan perencanaan dan keuangan.
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagian di maksud pada ayat ( 1) ,sebagaian perencanaan dan keuangan mempunyai uraian tugas pekerjaan :
  3. Melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan lingkup perencanaan dan keuangan
  4. Melakukan penyiapan bahan petunjuk teknis linhkup penyiapan bahan penyusunan rencan anggaran,koordinasi penyusunan program dan anggaran kecamatan
  5. Melakukan penyiapan dan pengumpulan bahan dari seksi-seksi untuk bahan rumusan kebijakan teknis dan operasional rencana kerja kecamatan
  6. Melakukan penghimpunan,pengelola dan penyiapan bahan evaluasi dan penilaian kinerja kecamatan
  7. Melakukan penyusunan laporan kinerja instansi (LKJ),rencana strategis (renstral),laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah ( LPPD) kecamatan
  8. Melakukan penyiapan bahan petunjuk teknis lingkup administrasi keuangan yang meliputi kegiatan pengelolaan dan pengendalian keuangan,perbendaharaan,akuntansi,verivikasi,dan tindaklanjut LHP
  9. Melakukan pengelolaan administrasi keuangan meliputi kegiatan urusan gaji pegawai,penngendalian keuangan,pengujian dan penerbitan surat perintah membayar (SPM),perbendaharaan,akuntansi,verivukasi,tindaklanjut LHP serta penyusunan laporan keuangan kecamatan
  10. Melakukan penyiapan bahan evaluasi dan laporan administrasi keuangan dan
  11. Melakukan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugasnya.

C. Seksi pemerintahan dan ketertiban umum

Pasal 14:

  1. Seksi pemerintahan dan ketertiban umum berada di bawah dan bertanggung jawab kepada camat.
  2. Seksi pemerintahan dan ketertiban umum di pimpin oleh kepalan seksi

Pasal 15 :

  1. Seksi pemerintahanan dan ketertiban umum mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan,pemeberian bimbingan teknis,dan pemantauan serta evaluasi lingkup pemerintah dan ketertiban umum
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1),seksi pemerintahan dan ketertiban umum mempunyai uraian tugas pekerjaan:
  3. Melakukan penyiapan bahan rencana dan program lingkup pemerintahan dan ketertiban umum
  4. Melakukan penyiapan,evaluasi,dan perumusan bahan dan data penyelenggaraan tugas pemerintah dan ketertiban umum
  5. Melakukan penyiapan bahan pembinaan pemerintah,ketertiban umum,wawasan kebangsaan,perlindungan masyarakat dan kebersihan
  6. Melakukan pelayanan kepada masyarakat lingkup pemerintah dan ketertiban umum serta pembinaan usaha penngkatan pendapatan daerah melalui pajak-pajak,retribusi dan pendapat lainnya
  7. Melakukan pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintahan desa dan atau kelurahan
  8. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kepala desa dan atau kelurahan beserta perangkatnya
  9. Melakukan pemberian bimbingan,supervisi,fasilitas dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa dan atau kelurahan
  10. Melakukan penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi  dengan unit kerja/instansi terkait sesuai lingkup pemerintahan dan ketertiban umum
  11. Melakukan kewenangan lain yang di serahkan pemerintah kabupaten lingkup pemerintah dan ketertiban umum dan
  12. Melakukan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugasnya

D. Seksi kesejahteraan rakyat

Pasal 16:

  1. Seksi kesejahteraan rakyat berada di bawah dan bertanggung jawab kepada camat
  2. Seksi kesejahteraan rakyat di pimpin oleh kepala seksi

Pasal 17:

  1. Seksi kesejahteraan rakyat mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan,pemberian bimbingan teknis,dan pemantauan serta evaluasi lingkup kesejahteraan rakyat
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1),seksi kesejahteraan rakyat mempunyai uraian tugas pekerjaan :
  3. Melakukan penyiapan bahan rencana dan program lingkup kesejahteraan rakyat
  4. Melakukan penyiapan,evaluasi dan perumusan bahan dan data penyelenggaraan tugas lingkup kesejahteraan rakyat
  5. Melakukan penyiapan bahan pembinaan lingkup kesejahteraan rakyat
  6. Melakukan pelayanan kepada masyarakat  lingkup kesejahteraan rakyat
  7. Melakukan penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai lingkup kesejahteraan rakyat
  8. Melakukan tugas kewenangan lain yang di serahkan pemerintah kabupaten lingkup kesejahteraan rakyat dan
  9. Melakukan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai tugasnya

E. Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan

                
Pasal 18:

  1. Seksi pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada camat
  2. Seksi emberdayaan masyarakat desa dan kelurahan di pimpin oleh kepala seksi

Pasal 19:

  1. Seksi pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan,pemberian bimbingan teknis,dan pemantauan serta evaluasi lingkup pemberdayaan masyarakat dan kelurahan.
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1),seksi pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan mempunyai uraian tugas pekerjaan:
  3. Melakukan penyiapan bahan rencana dan program lingkup pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan
  4. Mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di desa/kelurahan dan kecamatan .
  5. Melakukan pembinaan,pengawasan dan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan baik yang di lakukan unit kerja pemerintah maupun swasta.
  6. Membantu melaksanakan bimbingan kegiatan pembinaan kesejahteraan keluarga, pemberdayaan perempuan,karang taruna pramuka dan organisasi kemasyarakatan lainnya
  7. Melakukan tugas kewenangan lain yang di serahkan pemerintah kabupaten lingkup pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan dan
  8. Melakukan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugasnya .

 F. Seksi Hubungan Masyarakat dan Pelayanan Umum

  1. Seksi hubungan masyarakat dan pelayanan umum berada di bawah bertanggung jawab kepada camat
  2. Seksi hubungan masyarakat dan pelayanan umum di pimpin oleh kepala seksi

Pasal 21:

  • Seksi hubungan masyarakat dan pelayanan umum mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan,pemberian bimbingan teknis,dan pemantauan serta evaluasi lingkup hubungan masyarakat dan pelayanan umum.
  • Dalam melaksanakan tugas   sebagaiman di maksud pada ayat (1),seksi hubungan masyarakat dan pelayanan umum mempunyai uraian tugas pekerjaan:
  • Melakukan penyiapan bahan rencana dan program lingkup hubungan masyarakat dan pelayanan umum.
  • Melakukan penyiapan bahan perumusan pedoman teknis,pembinaan dan pengembangan masyrakat dan pelayanan umum serta pelaksanaan pelayanan informasi sesuai aturan dan kebijakan pemerintahan daerah
  • Melakukan pelayanan hubungan timbale balik antara pemerintah daerah dan masyarakat umum di bidang informasi dan komunikasi serta pengordinasian unit kerja terkait sesuai lingkup tugas.
  • Membuat buku penerbitan berkala dan bergambar
  • Melakukan penyaringan informasi sebagai bahan publikasi dan
  • Melakukan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugasnya.